Mendengar Perbedaan Ketika Membaca Al-Qur'an??

Sejarah Munculnya sab'atu ahruf


 

Pada Saat Al-Qur'an diturunkan, ada satu problem yang dihadapi Rasulullah. yaitu mengenai penyebaran Al-Qur'an kepada bangsa arab secara umum. yang pada masa itu memiliki lebih dari satu dialek, serta faktor ketidakseragaman tingkat pemahaman bangsa arab secara majemuk terhadap bahasa Al-Qur'an yang hanya diturunkan secara satu versi saja. 

                  maka, ketika Malaikat Jibril membacakan Al-Qur'an kepada Rasulullah dengan satu versi saja, Rasulullah meminta agar Al-Qur'an diturunkan dengan Variasi harf (versi). hingga akhirnya Al-Qur'an resmi berkapasitaskan tujuh harf . atau lebih dikenal dengan istilah sab'atu ahruf

أَقْرَأَنِي جِبْرِيلُ عَلَى حَرْفٍ فَرَاجَعْتُهُ فَلَمْ أَزَلْ أَسْتَزِيدُهُ وَيَزِيدُنِي حَتَّى انْتَهَى إِلَى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ
“Jibril membacakan al-Quran kepadaku dengan satu huruf. Lalu aku mengulanginya. Akupun terus minta agar ditambah, dan beliau memberikan tambahan, hingga selesai sampai 7 huruf.” (HR. Bukhari 4991 & Muslim 1939).
Diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim, bahwasanya Umar bin Khattab RA herkata: 
Pada era nubuwah, Saya pernah mendengar Hisyam bin Hakim bin Hizam RA membaca surat Al-Furqan dalam shalat. Ketika saya perhatikan dengan seksama, ternyata banyak sekali bacaan bacaan yang tidak sesuai dengan apa yang pernah Rasulullah SAW. bacakan padaku. Hampir saja saya menghantamnya. Namun, dapat saya tahan sampai shalat berakhir. 
         Seusai shalat, saya langsung menarik paksa dengan sorbannya seraya berkata: "Siapa yang telah mengajarkanmu cara baca seperti itu?" Hisyam menjawab: "Rasulullah-lah yang telah mengajarkanku bacaan tersebut." Umar menjawab: "Kamu dusta! Rasulullah Saw. telah membacakannya padaku dengan cara baca yang berbeda dengan apa yang kamu baca!"
Maka saya seret dia kehadapan Rasulullah Saw. dan saya berkata: "Saya mendengar ia membaca surat Al-Furqan dengan bacaan yang tidak sesuai dengan apa yang telah engkau bacaakan padaku! " 
                      Kemudian Rasulullah meminta Hisyam untuk membacakannya. Setelah Hisyam membaca, Rasul Saw. bersabda: "Seperti inilah surat tersebut diturunkan" Kemudian Beliau pun meminta Umar. untuk membaca surat yang sama, Setelah Umar membaca Rasulullah Saw. bersabda: "Seperti inilah surat tersebut diturunkan, Ketahuilah, bahwa Alquran diturunkan dengan sab'atu ahruf, bacalah dengan cara baca mana saja yang mudah menurut kemampuan.

sumber gambar : pinterest

Posting Komentar

1 Komentar