Tergesa-gesa Untuk Bertanya Kepada Guru

 
 

Dr. Labib Najib hafizhahullâhu ta'âlâ :

     "Aku memiliki pengalaman ketika aku masih menjadi pelajar (penuntut ilmu) —dan sampai saat ini hakikatnya Aku masih tetap seorang penuntut ilmu

Bahwasanya apabila Aku menemukan persoalan yang sulit, Aku tidak tergesa untuk bertanya kepada Syaikh (guru).

Namun, Aku mencari jawabannya di dalam kitab-kitab dan hasyiyah-hasyiyah (catatan pinggir, sebutan untuk kitab yang berisi penjelasan dari Syarh tertentu); Aku berharap dengan pencarian tersebut dapat kutemukan jawabannya.

Adapun apabila tidak Aku temukan jawabannya, maka Akupun bertanya kepada Syaikh. Aku telah mengambil banyak manfaat dengan melakukan cara ini. 

Sedangkan hari ini, pelajar tergesa-gesa menanyakan persoalan yang apabila ia mau merujuk kepada matn-matn yang paling ringkas, pasti akan ditemukan jawabannya." 



Dr. Labib Najib -hafizhahullâhu ta'âlâ-

Posting Komentar

0 Komentar